prospek-wirausaha-indonesia

Apa itu Wirausaha Sosial?

Wirausahawan sosial adalah individu yeng memiliki solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat. Mereka sangat ambisius dan pantang menyerah, menangani masalah sosial yang besar dan menawarkan ide-ide baru untuk membawa perubahan yang lebih luas.

Wirausahawan sosial berfokus pada kondisi dimana sektor sosial yang seharusnya berjalan belum bekerja dengan baik, dan memecahkan permasalahan tersebut dengan cara mengubah sistem, menawarkan solusi dan mengajak masyarakat untuk melakukan lompatan baru dalam menghadapi permasalahan mereka.

Wirausahawan sosial selalu memiliki ide-ide baru, dan mendedikasikan kehidupan mereka untuk melakukan perubahan pada kondisi sosial mereka. Mereka memiliki pandangan yang jauh kedepan dengan tujuan akhir yang jelas, berfokus pada implementasi praktis untuk mewujudkan visi mereka.

Setiap wirausahawan sosial memberikan ide-ide yang mudah dipahami dan mudah dilakukan, memiliki etika, dan melibatkan masyarakat setempat untuk merealisasikan kegiatan mereka, beride bersama dalam mewujudkan ide tersebut.

Dengan kata lain, wirausahawan sosial adalah orang yang melibatkan komunitas setempat untuk terlibat dan melakukan perubahan bagi kehidupan mereka. Selama dua dekade terakhir, sektor warga telah menemukan bentuk sektor bisnis yang telah dipelajari sejak lama: Tidak ada yang sehebat ide baru di tangan seorang pengusaha kelas satu.

Sumber : Ashoka Indonesia

2 comments on “Apa itu Wirausaha Sosial?

  1. Saya berbahagia ketika menemukan website ini. Kebetulan saat ini saya sedang merintis sebuah lembaga yang konsen dalam riset dan pengembangan kewirausahaan sosial yang berlokasi di Yogyakarta. Saya dan tim memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pengembangan kewirausahaan sosial berbasis kelompok yang mungkin sering ditemukan dg nama kelompok usaha bersama (KUBE). Kami memfasilitasi KUBE yang kemudian diwadahkan dalam lembaga keuangan mikro. Selama ini KUBE yang kami fasilitasi diperkuat dengan sebuah konsep latihan wajib kube (LWK) yang tujuannya adalah untuk memperkuat fondasi kelompok…dan masih banyak lagi konsep-konsep kami yang sudah diterapkan. Mungkin suatu waktu bisa sharing dengan tim sociopreneur academy,..

    Salam,

    • halo Mbak Yuli..
      Siap mbak.. kami siap ngobrol-ngobrol lebih dalam.
      Kami dapat dihubungi di nmr tlp (021) 7416050 ext 345
      terima kasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>