social-entrepreneur

Apakah Anda Pebisnis Sosial yang Sebenarnya?

Berbisnis sosial tentu berbeda dengan bisnis konvensional. Selain mendatangkan profit, bisnis sosial juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sehingga meningkatkan taraf hidup mereka. Menurut Rhenald kasali, ada 8 ciri-ciri pebisnis sosial. Apakah Anda termasuk di dalamnya?

Pendobrak inovasi
Pebisnis sosial seringkali menciptakan inovasi-inovasi yang tak terpikirkan sebelumnya. Out of the box. Bahkan, seringkali inovasi yang mereka ciptakan sebelumnya dianggap tidak menguntungkan.

Bekerja dengan Emosi

Pebisnis sosial biasanya mengerahkan seluruh perasaannya, hatinya, jiwanya, dalam menjalankan bisnisnya. Tidak hanya keuntungan finansial yang dicari, namun juga bagaimana agar bisnisnya dapat bermanfaat bagi orang lain, minimal di sekitar tempat usahanya didirikan.
‘Peramal’ masa depan
Pebisnis sosial yang sukses selalu berpikir bahwa mereka tahu masa depan. Mereka seolah-olah mengerti bahwa keadaan suatu wilayah akan berubah menjadi lebih baik jika berada di tangan mereka.

Mencari celah yang tak biasa
Pebisnis sosial yang sukses biasanya melakukan aktivitas bisnis dalam kegiatan yang kerap dianggap tidak menguntungkan di kacamata pebisnis lain. Misalnya berinisiatif membuat usaha kedai balita, yakni kedai keliling yang menunya khusus untuk anak balita.
Sekilas tampak tidak menguntungkan, namun di daerah perkotaan, di mana para ibu sibuk berkarier, kedai balita ini ternyata sangat membantu para ibu bekerja, sehingga sangat menguntungkan. Ia juga bisa membuat semacam franchise kecil-kecilan, yang penjualnya bisa direkrut dari warga sekitar yang membutuhkan pekerjaan.

Mengabaikan bukti-bukti

Seorang pebisnis sosial yang sukses adalah orang yang mengabaikan bukti-bukti yang sudah ada. Misalnya, sudah diketahui bahwa di atas kertas  suatu bisnis betul-betul tidak menguntungkan. Pebisnis sosial akan mengabaikan bukti-bukti itu dan membuat bukti baru bahwa ia bisa mencetak keuntungan dengan cara sosialnya.

Menolak Disebut Superhero
Meskipun pebisnis sosial merupakan orang yang lebih mengutamakan ‘membantu orang lain’ dan mengubah keadaan menjadi lebih baik, namun mereka yang sukses biasanya menolak disebut sebagai pahlawan hebat (superhero). Apa yang dilakukannya murni untuk membantu orang lain. Berguna bagi orang lain dan mampu mengubah keadaan menjadi lebih baik, sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi sang pebisnis sosial ini.

Ambisius

Pebisnis sosial merupakan orang-orang yang ambisius untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik. Ia ingin mematahkan segala mitos dan membuat fakta baru yang bisa diterima oleh orang lain.

Sosok yang tidak masuk akal

Pebisnis sosial yang sukses memiliki karakter yang kadang tak masuk akal. Mereka bukan orang normal yang mampu menerima keadaan begitu saja. Di benaknya akan selalu muncul inovasi dan keinginan untuk mengubah sesuatu, meski membutuhkan waktu belasan hingga puluhan tahun untuk memetik hasil yang optimal.

 

Sumber: http://www.pesona.co.id/karier.uang/keuangan.bisnis/8.tip.sukses.pebisnis.sosial/004/003/22

Sumber gambar: http://blog.iese.edu/socialentrepreneurship/2012/are-you-a-social-entrepreneur/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>