Dedikasi untuk Desa : Satu Desa Satu Listrik

spotlight - 05 - tri mumpuniSosok Tri Mumpuni memang kurang akrab di telinga kita. Namun, bagi masyarakat desa yang tersebar di pelosok terpecil, justru perempuan kelahiran Semarang, 6 Agustus 1964 itu dianggap sebagai figur yang sangat berjasa. Melalui programnya ‘Satu Desa Satu Listrik’, dia berhasil  membangunkan potensi dan memberdayakan masyarakat desa dalam usaha membebaskannya dari belenggu kemiskinan dengan meningkatkan taraf kesejahteraan.
Alumnus Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) yang semula giat dengan program rumah untuk orang miskin di perkotaan, perempuan, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan tersebut, memilih untuk menjalankan program listrik bagi masyarakat pedesaan terpencil.

Alasannya, program listrik lebih mencakup semua masalah yang ada itu. Begitu masyarakat punya listrik sendiri, mereka akan memiliki uang bersama untuk membiayai pendidikan, program kesehatan, program pemberdayaan perempuan, pembangunan infrastruktur dan lainnya.

Program listrik desa ini, juga sekaligus mengajak masyarakat desa menyadari bahwa pembangkit listrik itu milik mereka. Dan mereka pun harus memelihara, bukan hanya turbinnya, tapi juga tetap menjaga keajekan aliran air sepanjang tahun. Selain itu, jika pembangkit itu dioperasikan masyarakat, berarti ada 5.000-an usaha kecil di desa dapat menyerap 39.000 tenaga kerja. Selanjutnya, mereka akan bertahan di desa dan kehidupannya menjadi lebih baik, karena ada kegiatan ekonomi yang dapat meningkatkan pendapat dan kesejahteraannya.

sumber : http://republikmemanggil.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>