upload eko 4

Eko Novianto, Bersama Masyarakat Mengubah Eceng Gondok Jadi Kerajinan Bernilai Jual Tinggi

Bagi Anda yang pernah mengunjungi atau tinggal di Ambarawa, Kabupaten Semarang, mungkin sudah tidak asing dengan Danau Rawapening. Rawapening merupakan salah satu danau penghasil eceng gondok yang melimpah sepanjang tahun. Namun, sebagian besar eceng gondok belum termanfaatkan dengan maksimal. Selama ini masyarakat sekedar menjadikannya sebagai bahan bakar. Eceng gondok di Rawapening dapat diambil secara cuma-cuma oleh masyarakat sekitar. Masa pertumbuhan yang cepat membuat eceng gondok selalu tersedia di sana. Eko Novianto melihat kondisi tersebut sebagai peluang. Bersama rekan-rekannya, peserta Social Entrepreneur Camp 2015 ini membantu masyarakat mengolah eceng gondok menjadi kerajinan bernilai jual tinggi.

upload eko 2

Rawapening dengan eceng gondok yang berlimpah di permukaannya

Eko Novianto adalah seorang pengusaha yang bergerak dalam bidang multimedia, dengan bendera “Pelangi Multimedia”. Usaha yang dirintis menjelang Eko lulus kuliah di Universitas Diponegoro ini sudah berjalan kurang lebih 4 tahun. Saat ini Pelangi Multimedia memiliki 5 orang kru dan berkembang menjadi beberapa divisi usaha, yaitu jasa multimedia provider, desain grafis, branding dan juga  spesialis dokumentasi.

upload eko 3

Masyarakat di sekitar Rawapening mengubah eceng gondok menjadi kerajinan bernilai tinggi

Seiring berjalannya waktu, Eko dan rekan-rekan juga terlibat dalam pengembangan komunitas kerajinan eceng gondok di Ambarawa, dalam hal desain produk kerajian dan pengembangan motivasi bisnis. Tujuannya tidak lain untuk membantu memanfaatkan banyaknya eceng gondok yang ada di Ambarawa, tepatnya di Rawapening, untuk menjadi barang yang memiliki nilai lebih. Saat ini telah terbentuk Komunitas Kerajinan Enceng Gondok Baruklinting yang memiliki bisnis dalam pembuatan barang kerajinan seperti, sandal, tas, sepatu, miniatur dan beberapa barang yang lain dengan memanfaatkan bahan baku eceng gondok yang melimpah.

upload eko 4

Hasil kerajinan dari eceng gondok

Bentuk usaha yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat ini adalah melakukan pelatihan dan pendampingan usaha, mulai dari memotivasi usaha, melatih berorganisasi, dan juga melatih skill dan keahlian khusus ketrampilan dari mulai mengolah bahan mentah eceng gondok, mengeringkannya menjadi bahan baku, menganyam dan membuat kerajinan hingga menjadi barang jadi. Tidak hanya sampai di sana, Eko dan kawan-kawan juga melakukan pembinaan secara intensif sebulan sekali dengan mengadakan workshop untuk meningkatkan skill bisnis, dari mulai menciptakan produk kerajinan, produksi, organisasi kelompok, hingga pemasaran.

4 comments on “Eko Novianto, Bersama Masyarakat Mengubah Eceng Gondok Jadi Kerajinan Bernilai Jual Tinggi

  1. Saya setuju dengn artikel diatas, bahwa enceng gondok bisa dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan, selain itu enceng gondok juga bisa dipakai sebagai bahan baku pembuatan furniture.
    Kami Rotan Kita – Furniture Rotan & Art, menyediakan berbagai kerjainan dan furniture dari bahan rotan dan enceng gondok, seperti : kursi tamu, kursi makan, kursi santai, kursi keluarga, kursi teras, dan handicraft.
    Untuk melihat-lihat produk kami lebih lengkap, silahkan kunjungi website kami di : RotanKita.com
    Terima kasih.. ?

  2. Hai, sea-dd.com
    Kebetulan saat ini saya sedang mencari supplier/pengrajin boneka/karakter hewan yang terbuat dr enceng gondok. Apakah sea-dd ada link yg bisa menghubungkan saya dengan pengrajin?
    Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>