5 Jenis Burung Kecil di Dunia

Sea-DD.com – Banyak sekali jenis burung didunia, mulai dari terkecil hingga dengan ukuran yang besar. Ada yang tampilannya cantik, ada pula yang sedikit menyeramkan.

Jika dibahas, spesies burung mungkin takan ada habisnya, sebab jumlahnya jutaan. Satu spesies burung saja biasanya memiliki beberapa sub spesies.

Nah, untuk mengawali pembahasan kita tentang burung, mimin akan memulianya dari jenis burung kecil yang cantik dari berbagai penjuru dunia. Penasaran? yuk simak..

Jenis Burung Kecil di Dunia

1. Burung Red-cheeked cordon-bleu

Burung Red-cheeked cordon-bleu

Red-cheeked cordon-bleu merupakan burung kecil yang berasal dari Afrika. Burung ini memiliki panjang tubuh berkisar 12 – 13 cm dengan berat rata-rata 9.9 gram

Bentu burung Red-cheeked cordon-bleu ini mirip dengan burung pipit, namun memiliki warna yang sangat menarik.

Tubuh bagian bawah seperti pipi, leher, dada, perut hingga ekor berwarna biru langit. Sedangkan tubuh bagian atas berwarna kecoklatan.

Ciri khas dari burung Red-cheeked cordon-bleu yaitu bulatan merah yang menghiasi pipinya.

2. Burung Willow tit

Burung Willow tit

Willow tit merupakan burung yang berasal dari keluarga Paridae.  Burung ini tersebar luar di wilayah Eropa, subarktik dan Asia Utara. Ukuran tubuh burung Willow tit hanya sekitar 11 cm dengan berat 8.7 – 10 gram.

Sekila burung Willow tit terlihat seperti burung gereja, namun pada bagian kepala terlihat seperti burung cendet blangkon.

3. Burung Verdin

Burung Verdin

Jenis burung kecil selanjutnya yaitu Burung Verdin. Panjang tubuhnya rata-rata hanya 11 cm. Burung imut ini murah ditemukan di negri paman sam dan meksiko.

Bentuk tubuh Burung Verdin terlihat mirip dengan burung pleci, hanya saja bagian tubuhnya didominasi dengan bulu abu-abu. Sedangkan pada baguan muka memiliki bulu hijau zaitun.

4. Burung American Goldfinch

Jenis Burung Kecil American Goldfinch

Seperti namanya, burung American Goldfinch memiliki warna dominan kuning terang. Terdapat sedikit warna hitam dibagian atas kepala, sayap dan ekornya.

Burung American Goldfinch termasuk burung kecil yang cantik. Ukuran tubuhnya hanya 11 cm dengan bobot 11-12 gram.

5. Burung Tropical Parula

Burung Tropical Parula

Burung Tropical Parula banyak ditemukan di wilayah Meksiko Selatan dan Texas. Burung mungil ini memiliki penampilan yang unik dan cantik. Bulunya memiliki gradasi yang mencolok, bulu bagian bawah berwarna kuning terang, sedangkan bagian atas abu-abu kebiruan.

Oh iya, panjang tubuh Burung Tropical Parula ini hampir sama dengan jenis burung kecil diatas, yaitu berkisar 11 cm.

Itulah 5 jenis burung kecil di dunia yang cantik. Mungkin kalian tertarik memelihara salah satunya? Silahkan cari dipasar burung terdekat, kalau tidak ada ya import saja dari negara asalnya 😀

Leave a Comment