IMG_20160511_100816

Memperoleh Berkah Bersama dari Budidaya Jamur Tiram di Desa Klego, Kabupaten Boyolali

Desa merupakan tempat  sebagian besar  penduduk bermata pencarian  di bidang pertanian  dan menghasilkan bahan makanan. Hampir semua bahan makanan yang beredar di pasaran berasal dari pedesaan. Sebagian besar penduduk di desa bekerja sebagai petani dan buruh tani. Petani di desa harus menunggu tiga bulan untuk memanen hasil  tanamnya baru menjualnya ke pasar setelah itu mendapatkan penghasilan.

Berkat inovasi bisnis dari INDOTANI Makmur yaitu budidaya jamur tiram, saat ini petani mampu memperoleh penghasilan secara harian. INDOTANI Makmur berdiri  memang mempunyai Visi  “Menjadi Perusahaan Agrobisnis yang didasari oleh semangat “Sosioenterprise” yang memberikan dampak kebermanfaatan bagi petani pedesaan”.  Berawal sejak 1 tahun yang lalu kami mengajak 2 petani untuk belajar membuat benih jamur tiram. Hingga saat ini sudah  terdapat  12 petani yang tergabung dalam Komunitas Petani Jamur “ Boyolali Agro Jamur”.  Saat ini rata-rata petani mampu memproduksi jamur tiram segar sebanyak 5-10 Kg perhari.  Jika dihitung maka setiap hari petani medapatkan penghasilan  Rp. 50.000,00 s/d  Rp. 100.000,00. Angka yang cukup fantastis bagi para petani desa, terlebih Selama ini  hanya 3 bulan sekali baru mendapatkan penghasilan dari menjual  hasil panenya.

IMG_20160116_114443

 

Sejak bergabung dalam Social Entrepreneur Academy  Dompet Duafa (SEA DD), IN

DOTANI Makmur mulai berbenah diri baik dari segi manajemen usaha maupun diversifikasi usaha. Setidaknya dalam 3 bulan terakhir sudah terdapat 5 petani jamur serta 1 gerai Jamur Crispy.  Hampir semua yang tergabung dalam Komunitas “Boyolali Agro Jamur” semuanya anak muda. Hal ini kami lakukan bertujuan untuk memutus mata rantai mindset penduduk desa Klego yang selama ini hanya sebagai buruh bangunan serta buruh serabutan.  Usaha yang kami lakukan tentu tidak mudah kami mulai dengan mengajak petani yang berpengaruh di wilayah tersebut, setelah usaha budidaya jamur berjalan baru mengajak ke petani-petani lainya.

IMG_20160218_145744

Berkat kegigihan tim INDOTANI Makmur beberapa penghargaan telah diraih misalnya pada tahun 2013 memperoleh Penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai Juara 1 Wirausaha Muda Pemula. Sedangkan pada tahun 2016 ini terpilih sebagai 15 peserta dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan Social Entrepreneur Camp Dompet Duafa.  Hal ini tentu semakin memotivasi kami dalam melakukan kegiatan bisnis yang selalu memiliki dampak social bagi masyarakat.  Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi Blog kami www.indotanimakmur.blogspot.com facebook : Boyolali Agro Jamur

Rani Pajrin

Social Entrepreneur Academy 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>