logo (1)

Nalacity, Pembangkit Semangat Mantan Penderita Kusta

Nalacity adalah wirausaha sosial/sociopreneurship yang memberdayakan ibu-ibu mantan penderita kusta/ OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) di Sitanala untuk menghasilkan produk Muslimah Fashion berpayet/manik, dengan produk utama jilbab kreasi. Bisnis ini berawal dari proyek social (social project) ILDP (Indonesia Leadership Development Program) generasi pertama yang terdiri dari 5 mahasiswa Universitas Indonesia dari fakultas yang berbeda (Arriyadhul, Andreas, Yovita, Hafiza, Alfi) untuk memenuhi kewajiban dari Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia sebagai mahasiswa berprestasi UI pada tahun 2010. Hari jadi Nalacity yang pertama sebagai sociopreneurship jatuh pada tanggal 10 November 2012.

Kampung kusta Sitanala merupakan sebuah daerah di Tangerang yang memiliki rumah sakit khusus untuk para penderita kusta. Ketika pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh, mereka memutuskan untuk tidak kembali ke tempat asal dan menetap di lingkungan sekitar rumah sakit dikarenakan merasa malu dengan dampak kusta yang menyebabkan kecacatan permanen pada tubuh mereka. Oleh karena banyaknya OYPMK di sana, Sitanala terkenal dengan sebutan Kampung Kusta.

Produk Nalacity terdiri dari beragam hijab bermanik sebagai produk utama, serta pakaian muslim dan pernak-pernik fashion. Semua produk Nalacity didesain dengan pola bermanik yang cantik dan khas yang membuat perempuan dari usia remaja sampai dewasa, tetap cocok mengenakannya.

Selain kegiatan produksi, Nalacity juga mengadakan berbagai acara sosial bersama-sama OYPMK di Sitanala seperti workshop, penyuluhan, pembagian parsel dan donasi, dan masih banyak lagi. Bagi yang berminat menjadi volunteer Nalacity, dapat mendaftar ke 08889519591.

Adapun prestasi yang Nalacity terima, diantaranya:

  • Finalis Kompetisi “Fatigon Aksi Semangat” (2 besar)
  • TVC (Television Commercial) untuk “Fatigon Aksi Semangat”
  • Narasumber di Kick Andy edisi 14 Oktober 2011
  • Penerima pembiayaan dari UIYSEP tahun 2012
  • Pemenang MBM (Mandiri Bersama Mandiri) Challenge bidang Industri Kreatif kategori Start Up tahun 2012

 

Untuk melihat Nalacity lebih lengkap, silakan kunjungi www.nalacity.com

Sumber: http://nalacity.com/?page_id=164

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>