ibu merajut jilbab rajut chubby

Rajut Harapan dari Pati

Apakah yang pertama kali kita ingat ketika mendengar nama Daerah Pati di Jawa Tengah? Pantai Pesisir? Bandeng Presto? Sawah dan Pertaniannya?

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa di daerah Tlogoharum, Pati, banyak masyarakat yang memiliki keahlian merajut. Salah satunya adalah para ibu-ibu yang didampingi oleh Anis Fitria, pelaku usaha yang mengikuti Social Entrepreneur Camp Dompet Dhuafa pada Februari lalu. Menurut Anis, dulu ada sebuah pengusaha di daerah Tlogoharum yang mengembangkan bisnis rajut disana, sehingga kemudian banyak ibu-ibu yang bekerja pada pengusaha tersebut dan memiliki keahlian merajut. Keahlian ini kemudian diteruskan secara turun menurun pada para perempuan di sana.

ibu merajut jilbab rajut chubby

Kini Anis bersama beberapa Ibu-ibu di Tlogoharjo mengembangkan Brand produk-produk hasil rajutan seperti Tas, Perlengkapan Bayi, Jilbab, Pakaian, dsb. Dulu Anis menggunakan Brand “Rajut Chubby”, namun saat ini Anis sedang ingin mencari Brand baru agar terdengar lebih menarik, khususnya untuk tas rajut yang sangat banyak digemari oleh para pelanggannya.

rajut chubby anis
Menjalankan sebuah usaha tentulah pasti bukan tanpa kendala. Salah satu kendalanya adalah banyaknya Ibu-ibu yang merasa bahwa bekerja bukanlah tugas perempuan, sehingga mereka menjalankan bisnis rajut ini hanya sekedar untuk mengisi waktu luang. Anis, dkk kini sedang mencari strategi terbaik agar satu sisi proses produksi mereka bisa berjalan dengan baik, namun perempuan yang diberdaya juga tidak meninggalkan kewajiban mereka di rumah. Semoga ke depan Anis bisa terus meningkatkan inovasi produk, memperluas pasar, dan juga menambah kebermanfaatannya bagi masyarakat sekitar.

tas rajut chubby anis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>