12841348_1118806314836836_4277918894592901118_o

Serunya Pelaksanaan Social Entrepreneur Camp 2016

Social Entrepreneur Academy (SEA) Dompet Dhuafa tahun ini kembali menggelar Social Entrepreneur Camp (SEC) 2016. Pada tahun ini, peserta berjumlah 19 orang yang mewakili 15 entitas bisnis/bisnis sosial. Acara berlangsung pada tanggal 9-13 Maret 2016, di Pusdiklat Gizi dan Makanan, Bogor. SEC 2016 bekerjasama dengan British Council untuk menyampaikan materi pelatihan di hari kedua dan ketiga.

Hari 1

Rangkaian acara dimulai dengan sesi dari Pak Jalal, yang membawakan materi tentang “Community Development in Social Entrepreneurship”.

IMG_1329

Sesi kedua adalah Pengenalan Dompet Dhuafa, yang dibawakan oleh Pak Yuli Pujihardi, selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa. Beliau menjelaskan tentang Dompet Dhuafa dan program-program yang telah dan sedang dijalankannya.

IMG_1390

Sesi berikutnya dibawakan oleh Pak Erie Sudewo, yang berbicara mengenai “Dompet Dhuafa & Social Entrepreneurship“. Meskipun berlangsung di malam hari, namun para peserta tetap antusias untuk menyimak materi yang luar biasa dari pendiri Dompet Dhuafa tersebut.

IMG_1497

Hari 2

Hari kedua diawali dengan sesi olahraga setelah sholat subuh. Meskipun udara masih dingin, namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk menyegarkan tubuh dan pikiran sebelum sesi materi berlangsung.

IMG_1584

Setelah sarapan dan mandi pagi, peserta langsung menuju aula untuk mengikuti sesi pertama di hari ini. Mayoritas peserta masih belum kenal satu sama lain, jadi Mas Jimmy selaku fasilitator berinisiatif untuk melakukan game perkenalan yang bernama zip-zap.

IMG_1677

Acara kemudian dimulai dengan diskusi mengenai definisi dari Social Enterprise melalui sesi Four Words. Fasilitator pada sesi ini adalah Mbak Ari, dengan lebih banyak sesi interaktif antar peserta. Kemudian, berturut-turut dipaparkan materi tentang Me & My Identity, Golden Circle, Two Truths and One Lie, What Makes SE Successfull (with Case Study), serta Communicating Our USP. Materi-materi tersebut dibawakan oleh beberapa fasilitator, yaitu Mas Jimmy, Mbak Ari, Mbak Ita, Bang Jay, dan Pak Bido.

IMG_1761 IMG_1767 IMG_1784 IMG_1808IMG_2008IMG_2000IMG_1991IMG_1859IMG_2108IMG_2047

Hari 3

Sesi di hari 3 diawali dengan game manajemen bisnis, yang dibawakan langsung oleh Mas Jimmy. Sesi ini sangat seru, karena mengajak peserta untuk melakukan permainan simulasi layaknya menjalankan bisnis yang sesungguhnya. Ada konsep bank, jual beli, quality control produk, arus kas, dan lain sebagainya. Peserta dibagi ke dalam 3 kelompok, yang mana masing-masing kelompok mewakili satu usaha yang akan dijalankan.

IMG_2468IMG_2655IMG_2538

Selepas sholat jumat, sesi dilanjut dengan penjelasan tentang Business Model Canvas. Sesi ini dipandu oleh Pak Bido beserta tim dari British Council. Para peserta dijelaskan tentang konsep Business Model Canvas, mulai dari teori hingga prakteknya langsung.

IMG_2907 IMG_2893 IMG_2856 IMG_2827 IMG_2821

Hari 4

Setelah tiga hari sebelumnya berkutat dalam sesi-sesi di dalam ruangan, maka hari keempat adalah saatnya untuk jalan-jalan! Dalam kegiatan kunjungan hari ini, terdapat dua destinasi yang akan dikunjungi.

Destinasi pertama adalah Usaha Sosial Rancage, yang berlokasi di Tanah Baru, Bogor. Di tempat ini, para peserta diperkenalkan akan usaha sosial Rancage, yang memberdayakan ibu-ibu untuk membuat kerajinan anyaman dari kertas koran. Setelah itu, para peserta diberikan tantangan untuk mengunjungi dan mengobrol dengan ibu-ibu yang diberdayakan oleh Rancage. Lokasi yang lumayan jauh mengharuskan peserta untuk menaiki angkot, dan mereka dituntut untuk tidak nyasar. Di akhir sesi, mereka diminta untuk presentasi tentang hasil obrolan mereka dengan ibu-ibu tersebut.

IMG_3201IMG_3251IMG_3274IMG_3278IMG_3366IMG_3393

Tempat kedua yang dikunjungi adalah Zona Madina, yang berlokasi di Parung, Bogor. Zona Madina merupakan salah satu program Dompet Dhuafa yang memberdayakan masyarakat Kampung Jampang. Terdapat beberapa program yang akan dikunjungi oleh para peserta disini, yaitu budidaya jamur, budidaya ikan hias, dan peternakan domba. Setibanya di lokasi, mereka disambut oleh kesenian Silat Jampang, dan bahkan ada beberapa peserta yang unjuk kebolehan bersama dengan para pesilat yang ada disana. Setelah mendapatkan beberapa penjelasan singkat dari pengelola Zona Madina, para peserta bergegas ke lokasi pemberdayaan dengan menggunakan sepeda dan salah satu kendaraan khas masyarakat Betawi, yaitu odong-odong.

IMG_3432IMG_3463IMG_3464IMG_3467

Hari 5

Kegiatan pada hari kelima ini berfokus pada presentasi akhir usaha sosial peserta, yang akan dijalankan minimal selama setahun kedepan. Sebelum presentasi dimulai, Bang Jay memberikan beberapa pengarahan dan juga pengenalan SEA secara lebih mendalam

IMG_3579

Selanjutnya, SEA Dompet Dhuafa akan memberikan mentor usaha kepada para peserta, yang terbagi dalam regional-regional berdasarkan provinsi. Mentor adalah wirausaha sosial daerah yang telah lebih dahulu terjun di bidang pemberdayaan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>