cropped-161.jpg

Socio Trip to Pari Island Part Two

Sabtu pagi 8 Juni 2013, Socio Enterpreneur Akademik mengadakan Social Trip jilid 2 ke Pulau Pari. Pesertanya kali ini lebih banyak, ada 48. Agak telat dari yang di jadwalkan, tapi alhamdulillah keberangkatan dari Muara Angke berjalan lancar.
Kegiatan ini sangat seru dan bermanfaat, karena gak Cuma jalan-jalan dan have fun tapi juga ada edukasi dan sharing tentang usaha pemberdayaan di pesisir Pulau Pari. Seperti Budidaya rumput laut, bulu babi, mangrove dan lain-lain.

Perjalanan yang sangat panjang menuju Pulau Pari, para peserta memanfaatkannya untuk menikmati pemandangan dan beristirahat untuk mempersiapkan mengikuti kegiatan-kegiatan di Pulau Pari nantinya.

turun dari kapal

Pukul 10.19 kita semua sampai di Pulau Pari. Pemandangan indah dan Bukit Matahari sudah seperti menyambut untuk segera di nikmati.

sampai di pulau pari

Segera setelah kita sampai di Pulau Pari, panitia mengadakan sedikit briefeng untuk pembagian Homestay tempat beristirahat para peserta. Setelah pembagian Homestay kita beristirahat sejenak dan makan siang, sekalian persiapan untuk Snorkling :D

briefeng

Setelah pembagian Homestay kita beristirahat sejenak dan makan siang, sekalian persiapan untuk Snorkling. Setelah perlengkapan lengkap dibagikan ke seluruh peserta yang ingin mengikuti snorkling di adakanlah briefeng di depan Homestay 2 untuk memberitahukan peraturan-peraturan selama snorkling.

ready to snorkling

Yosh, we are ready to snorkling now :D

Kembali kekapal yang membawa kita ke Pulau Pari tadi, tapi dengan tujuan yang berbeda yaitu untuk Tafakkur Alam. Menikmati ciptaan Allah dengan Snorkling. Subhanallah. Yup, para peserta semangat sekali walaupun tadi hanya istirahat sebentar selepas perjalanan panjang menuju Pulau Pari.

snorkling

Yessss, Snorkling time. Have fun tetap dengan jaminan keselamatan dengan menggunakan pengaman yang insya Allah aman. Indahnya laut di dekat Pulau Pari. Menikmati keindahan dalam laut ciptaan Allah SWT. Subhanallah. Snorkling dilakukan di 2 tempat sampai pukul 15.46.

Selesai Snorkling kita kembali ke Homestay masing-masing untuk istirahat dan bersih-bersih untuk kembali kekegiatan berikutnya yaitu melihat budidaya bulu babi dan sunset di ujung barat Pulau Pari. Kalau menuju budidaya tambak kita hanya perlu berjalan kaki, karena selain tempatnya dekat dengan Homestay peserta, jalannya juga tidak mungkin di lalui sepeda. Nah, saat ingin menikmati sunset kita memang seharusnya menggunakan sepeda karena tempatnya cukup jauh dari Homestay.

Back to Homestay setelah kegiatan sore ini selesai, istirahat dan makan malam sambil menunggu pukul 20.30 untuk pesta berbeque dan diskusi mengenai permasalahan masyarakat Pulau Pari di pinggir pantai. Waktu yang ditunggu tiba, tapi hujan juga tiba. Oleh karena itu berbeque di pindahkan ke Homestay 2. Walaupun hujan turun alhamdulillah acara tetap berjalan, karena hujan bukanlah penghalang melainkan rahmat dari Allah SWT.

berbeque

Yak, ini santapan berbeque untuk para peserta. Ngeliatnya aja langsung bikin laper lagi walaupun udah makan malam :D

Setelah berbeque para peserta di persilahkan untuk beristirahat. Karena besok pagi 9 juni kita akan menikmati sunrise di Bukit Matahari dan kemudian menuju budidaya rumput laut dan menanam mangrove.

sunrise

Pagi ba’da subuh kita berjalan menuju bukit matahari untuk menikmati sunrise. Setelah menunggu sekitar setengah jam sayangnya langit mendung, jadinya kita melihat sunrise setelah matahari naik beberapa derajat. Alhamdulillah masih bisa diberi kesempatan menikmati melihat matahari terbit dari timur.

web 6

Sunrise telat muncul karena mendung, terlihat seperti sunset. Tapi sama indahnya alhamdulillah.

perjalanan menuju pantau kresek

Perjalanan menuju budidaya rumput laut, tempatnya agak jauh. Sekitar 6 km dari Homestay. Panas menyengat tapi seru karena track selama perjalanan di temani indahnya pemandangan laut.

rumput laut

web 9

Sampailah kita di budidaya rumput laut. Subhanallah, luasnya budidaya rumput laut di Pantai Kresek Pulau Pari. Semoga kelestarian ini tetap terjaga.

web 10

Acara selanjutnya kita menuju Pantai Pasir Perawan untuk menanam mangrove di Pantai Pasir Perawan. Tujuannya untuk melestarikan keindahan Pantai Pasir Perawan ini terutama Pulau Pari ini.

 web 11

Yosh, lelah memang tapi para peserta tetap semangat untuk terus mengikuti agenda-agenda dari acara social trip ini. Setelah kembali dari Pantai Pasir Perawan para peserta dipersilahkan untuk kembali ke homestay masing-masing untuk packing dan siap-siap untuk pulang ba’da dhuhur nanti. Tapi sebelum pulang kita menyumbangkan buku dari para donatur ke taman bacaan  al-fikri. Semoga bermanfaat.

Yup, selesai sudah rangkaian acara dari kegiatan socio trip ini. Insya Allah banyak manfaatnya, bukan hanya have fun tapi ada edukasinya juga. Banyak hal yang bisa dipelajari dari social trip ini. Banyak para enterpreneur di pesisir Pulau Pari yang masih melestarikan alam dan harus kita bantu.

Seru kan ??

Insya Allah social trip berikutnya akan lebih seru dan bermanfaat.

Mau ikuttttt ?? ikuti terus info dari kami ya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>